10 Bahan Tak Terduga Ini Ternyata Berkhasiat Untuk Kecantikan

Cantik? Iyap, cantik itu dambaan bagi para wanita, banyak sekali wanita yang ingin tampil cantik tanpa harus sakit dan merusak kulit. Namun seiring berjalannya waktu, kini kita berada di masa modern yang dimana semuanya serba instan tanpa harus ribet. Banyak sekali produk kecantikan, dan salon kecantikan, namun tak sedikit produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan alami dan aman, mengeluarkan uang banyak untuk ke salon dan merawat diri demi tampil cantik. Apakah kalian tau, bahwa menggunakan bahan alami untuk kecantikan itu aman setara dengan perawatan mahal? Disini kami akan memberikan solusi untuk tampil cantik tanpa harus kesakitan dan mengeluarkan biaya mahal.

 

  • Kulit telur

Cangkang telur yang dihaluskan hingga menjadi bubuk bisa membuat kulit bercahaya, menyejukkan kulit, dan bisa difungsikan sebagai scrub yang lembut untuk kulit sensitif.

Yang perlu diingat, pastikan untuk mencuci kulit telur sampai bersih agar terhindar dari kontaminasi bakteri.

 

  • Jagung

Bukan tanpa alasan kalau kakek-nenek kita sering menggunakan biji jagung segar untuk merawat bekas luka cacar. Jagung mengandung beta karoten (senyawa pembentuk vitamin A), vitamin B1, dan vitamin B3 yang penting untuk memperbarui sel kulit. Minyak dalam jagung juga mengandung linoleic acid yan ampuh untuk melawan jerawat.

Selain itu, biji jagung segar mengandung vitamin C dan lycopene yang berfungsi menangkal radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, kunci awet mudah dalam produk-produk anti-aging.

  • Kubis

Kubis dimanfaatkan oleh orang-orang barat sebagai kompres tradisional. Sayuran ini bisa mengatasi pembengkakan dalam waktu singkat. Selain sebagai kompres, ternyata kubis juga cocok untuk merawat kecantikan. Kubis kaya akan vitamin dan mineral penting untuk kecantikan, antara lain vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalsium, yodium, sulfur, magnesium, dan zat besi.

Jus dari kubis yang dilumatkan bisa membantu menghaluskan kulit dan mencegah jerawat.

  • Arang

Arang atau lebih tepanya activated charcoal mampu mengikat toksin seperti sebatang magnet dan mengangkatnya dari permukaan kulit. Dilansir Allure, activated charcoal pada dasarnya adalah arang yang mengandung karbon aktif. Di alam bebas, karbon aktif berfungsi untuk menyerap polutan dari lingkungan sekitarnya.

  • Aspirin

Konsumsi obat-obatan anti inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin bisa membantu menghentikan pigmentasi dan kerusakan kulit akibat paparan sinar Ultra Violet.

Minum aspirin dalam jangka waktu 24 jam setelah kulit terbakar matahari. Dengan begini kerusakan permanen pada kulit bisa dicegah.

 

 

  • Kayu manis

Kayu manis berkhasiat menjadikan kulit awet muda karena mengandung cinnamaldehyde yang dapat merangsang produksi kolagen.

Selain itu, kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai lip plumper alami. Tak perlu injeksi lip filler untuk dapatkan bibir seksi ala Kylie Jenner.

  • Peterseli

Dilansir Pure Wow, peterseli kaya akan vitamin C dan vitamin K. Keduanya ampuh untuk membantu mencerahkan area kulit yang gelap sekaligus mengatasi inflamasi.Giling peterseli sampai lumat, tuangi air panas lalu gunakan sebagai masker.

  • Kentang

Sari kentang segar bisa membantu mengatasi kantung mata, flek hitam, dan pigmentasi kulit. Getah sayuran yang satu ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Gunakan irisan kentang segar atau kentang yang sudah dilumatkan sebagai masker atau kompres.

  • Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih ternyata efektif untuk mencerahkan lutut atau siku yang gelap. Ambil satu siung bawang putih dan bawang merah. Parut keduanya dan campurkan hingga merata. Oleskan pada kulit lutut dan gosokkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hingga bau tajam bawang merah menghilang

  • Nanas

Dilansir Livestrong, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan bromelain yang terkandung dalam buah nanas sangat efektif untuk mengobati jerawat meradang. Getah nanas juga bisa membantu menghaluskan kaki yang kering dan kasar.

Gunakan nanas sebagai campuran masker atau scrub. Hindari kontak dengan mata karena dapat menyebabkan iritasi. Mereka yang memiliki kulit sensitif juga tidak disarankan menggunakan nanas untuk perawatan kecantikan.

Sumber : https://www.merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *