BATUK BERDAHAK DAN BATUK KERING Apa Bedanya Sih? Yuk Baca Infonya Di Sini

Saat batuk sebaiknya kamu menutup mulutmu karena pada saat itu jutaan virus penyebab batuk termuntahkan dari mulutmu dan tersebar kemana-mana. Untuk itu berhati-hatilah jangan sampai batuk yang sedang kamu derita dengan tanpa kamu sadari malah turut disebarkan ke orang lain. Tahukah kamu jika kecepatan semburan dari mulutmu saat kamu bersin atau batuk ternyata mencapai 100 km/jam lho. Ini bukan sains fiksi atau cerita khayalan tapi sudah dibuktikan dengan studi ilmiah yang menggunakan alat canggih. So batuk yang meresahkan bisa juga disebarkan dan diderita orang terdekat kita. Ini sangat buruk karena rata-rata batuk sukar sekali disembuhkan meski telah diobati dengan berbagai cara. Memang kita harus bersabar dan telaten dalam mengobati batuk. Rata-rata batuk bisa diderita sampai satu bulan lamanya dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat. Tapi siapa bisa tahan jika harus menderita terlalu lama dan merasakan kesengsaraan. Kita semua tidak menginginkannya dan ingin secepatnya sembuh dari batuk yang sangat mengganggu ini.

Secara umum, berikut adalah beberapa penyebab batuk yang sudah kita kenal dengan baik :

Masalah Alergi

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena batuk adalah alergi terutama alergi dingin. Alergi dingin bisa menyebabkan seseorang menjadi flu dan juga batuk saat bersamaan terutama saat pagi hari dan juga malam hari. Hal itu dikarenakan cuaca saat pagi hari dan saat malam hari sagat dingin sehingga beresiko menyebabkan flu dan juga batuk. Bagi anda yang memiliki alergi dingin dan sering mengalami flu maupun batuk sebaiknya anda tahu cara mengatasi alergi dingin secara cepat dan tepat agar alergi itu tidak mengganggu aktivitas anda. Jika anda belum tahu alergi apa yang bisa menyebabkan anda batuk berdahak dan juga flu saat bersamaan sebaiknya anda melakukan cara tes alergi secara alami maupun menggunakan bantuan dokter. Mendeteksi alergi secara dini bermanfaat untuk mengetahui jenis alergi lebih dini di dalam tubuh anda.

Karena Terpapar debu

Penyebab lainnya dari batuk berdahak adalah terkena debu. Hal ini akan langsung menyebabkan batuk berdahak terutama pada orang yang menderita alergi debu. Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan debu itu akan menyebabkan batuk berdahak.

Karena Asap berbahan Kimia

Penyebab dari batuk berdahak lainnya adalah asap kimia, asap kimia itu masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan kinerja paru-paru menjadi terganggu. Kantung paru-paru yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan asap sehingga batuk berdahak pun akan muncul.

Pneumonia

Salah satu yang menyebabkan batuk berdahak pada orang dewasa dan khususnya pada bayi adalah pneumonia. Pneumonia merupakan peradangan yang terjadi di salah satu paru-paru atau di kedua paru-paru. Orang yang mengalami pneumonia akan mengalami batuk berdahak dan juga sesak nafas alasannya adalah saluran pernafasan yang ada di dalam paru-paru yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan cairan yang justru akan membuat sesak nafas dan juga batuk berdahak.

Karena Virus

Penyebab batuk berdahak yang paling umum adalah virus. Virus itu menyebabkan batuk disertai dengan pilek. Dahak yang mengisi tenggorokan biasanya adalah lendir yang asalnya di dalam hidung manusia. Kadang manusia tanpa sadar menghisap dan menyerap lendirnya sendiri dan lendir itu masuk ke dalam tenggorokan.

Kondisi Asam Lambung Tinggi

Hal yang menyebabkan batuk berdahak lainnya adalah naiknya dan tingginya kondisi asam lambung sehingga memicu terjadinya refluks asam. Refluks asam ini berupa naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan da merangsang timbulnya batuk berdahak. Refluks asam ini akan terjadi saat pagi hari dan juga malam hari. Bagi anda yang menderita asam lambung sebaiknya mengetahui apa saja yang menjadi bahaya asam lambung naik dan cara mengobati asam lambung naik . Asam lambung naik tidak hanya menyebabkan batuk berdahak saja namun juga menimbulkan rasa perih di bagian lambung. Agar tidak terkena kedua hal tersebut penderita asam lambung menghindari makanan penyebab asam lambung dan menghindari pantangan asam lambung.

Karena Penyakit Asma

Asma itu gejalanya mirip dengan alergi dingin dan alergi debu. Perbedaannya selain menyebabkan flu dan batuk, asma akan menyebabkan gangguan saluran nafas atau penyempitan saluran nafas. Sesak nafas yang dialami akan diperburuk dengan hidung mampet dan tenggorokan yang berdahak. Orang yang asma tidak akan bisa tidur nyenyak sebab di dalam dadanya terasa berat serta tenggorokannya terasa lengket. Untuk meringankan saluran nafas yang dialami oleh penderita asma, orang yang menderita asma bisa mengeluarkan lendir yang menyebabkan saluran nafas menjadi berat dan menyempit.

Masalah Batuk Rejan

Batuk rejan adalah kondisi batuk yang terburuk. Batuk ini bisa menyerang anak-anak dan menyebabkan gangguan saluran pernafasan anak-anak. Penyakit tersebut sering menimpa anak-anak balita terutama balita yang tidak dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya batuk rejan. Vaksin yang akan diberikan oleh bayi agar nantinya terhindar dari batuk rejan adalah imunisasi DPT.

Cara Untuk Mengatasi Batuk

apa benar larutan jeruk nipis dan kecap ampuh mengobati batuk?

Jeruk nipis banyak dipakai sebagai salah satu bahan obat herbal karena buah yang punya nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal, yang mungkin menjadi gejala lain yang mengikuti batuk.

Namun demikian, pakar farmasi Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. menegaskan bahwa larutan jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk itu sendiri — entah itu akibat virus atau bakteri. Larutan ini hanyalah bermanfaat untuk meredakan gejala penyertanya, seperti yang disebutkan di atas.

Sumali melanjutkan, penambahan kecap pada air jeruk hanya berguna untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis. Kecap pada dasarnya tidak memiliki manfaat tertentu untuk batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Selain dengan kecap, James Steckelberg M.D, dokter dari Mayo Medical School menyatakan kalau air jeruk nipis bisa dikombinasikan dengan madu untuk meredakan gejala batuk. Pasalnya, beberapa penelitian menyebutkan kalau rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir untuk melembabkan tenggorokan.

Untuk membuat ramuan herbal obat batuk ini, Anda bisa memeras setengah potong buah lemon lalu campur dengan air hangat sebanyak 100 ml. Setelah tercampur, tuangkan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Minum selagi hangat untuk merasakan khasiatnya pada tenggorokan Anda.

Apa yang bisa menyembuhkan batuk?

Anda membutuhkan obat untuk menyembuhkan batuk beserta gejala lainnya. Obat herbal, apapun bentuknya, hanyalah sebagai asupan penunjang untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, meringankan gejala, atau menurunkan risiko dari penyakit — bukan untuk menyembuhkan. Pasalnya, akar penyebab timbulnya gejala harus lebih dulu dibasmi agar semua keluhan bisa benar-benar sembuh.

Jenis obat batuk yang Anda gunakan akan tergantung dari apa penyebab batuk itu sendiri. Jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman, Anda bisa menggunakan antibiotik resep dari dokter. Jika batuk dan gejala lainnya disebabkan oleh virus, dokter dapat meresepkan obat antiviral, tergantung dari kondisi yang mendasarinya.

Pemilihan obat pun juga akan tergantung dari gejala batuk yang Anda alami. Obat batuk ekspektoran dan mukolitik (bromhexine) digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, sementara obat batuk antitusif digunakan untuk mengobati batuk kering. Oleh karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter seputar kondisi kesehatan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink