CARA PRAKTIS Mengatasi Masalah Komedo Membandel Dengan Bahan Alami

Semua orang mendambakan kulit putih, sehat dan kenyal tak terkecuali anda. Dengan berbagai upaya kita berupaya untuk memiliki kulit sehat. Namun karena aktivitas sehari-hari begitu menyita waktu, kita kadang terlupa dengan keharusan untuk membersihkan kulit sehabis beraktivitas. Yang lebih ekstrim lagi kaum wanita yang sering menggunakan makeup dan lupa untuk membersihkan sisa makeup di malam hari sebelum pergi tidur. Hasilnya bisa ditebak, jerawat dan komedo muncul sebagai respon karena keengganan kita dalam merawat kulit. Ini sangat menyebalkan karena komdeo membuat kulit wajah kita seperti bergerigi dengan totol-totol hitam dan merah di sana-sini yang tentu saja sangat memperngaruhi penampilan kita di depan orang lain. So jangan biarkan masalah komedo pun bertambah parah, lakukan cara-cara yang kami ulas di sini agar masalah komedomu segera sirna selamanya.

Seperti yang saya sampaikan di atas, masalah komedo tidak muncul dengan sendirinya melainkan diiringi dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya masalah komedo. 

Komedo awal munculnya dari mana sih ?

Komedo biasa muncul di wajah dengan ciri-ciri bintik kecil berwarna gelap. Mungkin terlihat seperti jerawat, tapi komedo lebih ringan dan berwarna gelap. Warna gelap ini terbentuk dari pigmen melanin (yang dihasilkan sel-sel kulit) yang sudah kena paparan udara atau sinar matahari sehingga mengalami proses oksidasi.

Komedo paling sering muncul di hidung, dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Selain di wajah, komedo juga bisa muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan dada. Hal ini karena ada banyak folikel rambut di daerah tersebut. Rambut tumbuh dari folikel rambut yang terletak di pori-pori. Nah, ada kelenjar khusus yang menghasilkan sebum atau minyak alami kulit di bawahnya.

Ketika pori-pori ini tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati, sel kulit mati yang berada di pori-pori tersebut dapat bereaksi dengan oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Namun, bila kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan akan berwarna putih. Keduanya sama-sama disebut komedo.

Apa yang menjadi penyebab komedo?

Penyebab komedo umumnya adalah kotoran yang terjebak di pori-pori kulit. Hal ini mungkin terjadi bila Anda termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah Anda menggunakan makeup.

Sebenarnya ada dua faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya komedo pada wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, di mana peningkatan hormon pada saat ini dapat memicu produksi minyak di bawah kulit.

Faktor Penyebab Munculnya Komedo

Produksi hormon androgen yang meningkat saat pubertas (baik pada laki-laki maupun pada perempuan) memicu produksi minyak atau sebum dan sel kulit mati lebih banyak. Namun, perubahan hormon rupanya tak hanya terjadi saat pubertas saja, tapi juga saat menstruasi, kehamilan, dan saat menggunakan pil KB.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah:

  1. Penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit
  2. Banyak mengeluarkan keringat
  3. Bercukur, yang dapat membuat folikel rambut terbuka
  4. Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan PCOS
  5. Penggunaan obat steroid, seperti kortikosteroid

Cara-cara alami untuk mengatasi dan menyingkirkan komedo :

1. Dengan formula jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, hal ini sudah teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik banyak yang menggunakan Jeruk Nipis sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang sering bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit Anda yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan cara memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali Anda menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah Anda, lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan kurang lebih sekitar 15-20 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang Anda oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah Anda. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat Anda membilas wajah Anda. Kulit wajah Anda akan terasa lebih halus dan tanpa komedo.

2. Menggunakan Gel irisan daging lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut kepala. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang membandel di kulit wajah anda sehingga menimbulkan perasaan tidak pede . Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya diindikasi mampu mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah.

  1. Gunakan daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah Anda.
  2. Jangan lupa untuk melakukan pijatan-pijatan lembut setiap kali Anda oleskan lidah buaya ke kulit wajah Anda.
  3. Lakukan pijatan terutama pada daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Pijatan ini akan membuat komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pembilasan pada wajah.
  4. Diamkan selama kurang lebih 25-30 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.
  5. Anda akan merasakan sendiri khasiat lidah buaya dalam menghilangkan komedo pada kulit wajah Anda.

3. Menggunakan Masker Buah Tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah. Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan cara menghilangkan komedo secara alami, cepat, dan ampuh menggunakan tomat.

4. Dengan memakai pasta gigi

Pasta gigi tidak hanya berfungsi memutihkan gigi saja tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk hal lain yaitu salah satunya adalah menghilangkan komedo. Cara penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan komedo sangatlah mudah yaitu kita tinggal oleskan saja pasta gigi tersebut pada bagian wajah yang berkomedo dan berikan sedikit pijatan. Setelah 10 menit maka bilas wajah Anda menggunakan air bersih.

5. Dengan memakai es batu

Cara menghilangkan komedo diwajah adalah dengan menggunakan batu es. Ternyata batu es juga cukup ampuh untuk menghilangkan komedo diwajah. Caranya sangat mudah yaitu kita tinggal tempelkan saja batu es diwajah, lakukan seperti gerakan memijat. Untuk hasil yang lebih baik maka usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu komedo Anda dengan masker wajah maka setelah itu gunakan batu es untuk mengecilkan pori-pori wajah.

6. Dengan formula putih telur

Menggunakan putih telur adalah salah satu bahan perawatan komedo alami. Banyak orang yang tidak tahan dengan bau amisnya, mungkin anda juga sama. namun penggunaan putih telur terbukti mampu menghilangkan komedo dengan cepat selama sehari. Berdasarkan penelitian putih telur mengandung beberapa bahan berguna seperti protein juga asam amino. Fungsi protein dan asam amino ini adalah dapat menyempitkan atau mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak tidak dilakukan berlebihan. Produksi minyak yang berkurang akan menekan pertumbuhan komedo. Kandungan bahan lainnya yang dimiliki putih telur adalah asam folat. Fungsi asam folat ini bagi kulit adalah menghaluskan kembali kulit yang kasar karena tumbuhnya komedo.

  1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya.
  2. Kocok putih telur hingga berbuih dan berbentuk krim yang siap dioleskan sebagai masker wajah.
  3. Sebelum mengoleskan putih telur, hilangkan kotoran pada wajah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Oleskan putih telur pada wajah terutama pada daerah yang berkomedo sambil melakukan pijatan-pijatan lembut selama 5 menit.
  4. Diamkan krim putih telur hingga 30 menit baru bilas menggunakan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink