Inilah 5 Bahan yang Bisa Dijadikan Makeup Remover Alami

Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat makeup remover alami? Kita harus memastikan bahwa bahan alami yang digunakan dapat membuat kulit sehat dan terhindar dari radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke dalam kulit dapat merusak kesehatan kolagen, yang berpengaruh pada proses penuaan kulit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa direkomendasikan:

 

1. Minyak kelapa dan zaitun sebagai oil remover

Memakai pembersih berbahan kimia dapat mengikis minyak alami kulit Anda, sehingga membuat kulit menjadi kering atau malah membuat kulit memproduksi minyak berlebih. Ketika kulit menjadi kering, Anda bisa mengatasinya dengan pelembap. Saat kulit Anda memproduksi minyak berlebih, Anda pun mungkin beralih pada produk oil-free alias bebas minyak, namun sebenarnya kulit kita tetap membutuhkan minyak. Ketika memakai produk bebas minyak tersebut, kulit berisiko mengalami penuaan dini.

Anda bisa memilih minyak kelapa dan zaitun sebagai pembersih sebab keduanya bisa membersihkan sisa kotoran di kulit tanpa membuatnya menjadi kering. Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan maskara dan lipstik matte dengan pigmentasi kuat.

2. Susu

Anda pernah mendengar tentang mandi susu? Ya, ternyata susu memiliki manfaat untuk kulit. Kandungan lemak dan protein pada susu khususnya whole milk, dapat membantu melembapkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, susu juga bisa membantu memperlambat proses penuaan kulit. Meskipun minum susu dapat memperburuk kondisi kulit terhadap jerawat dan eksim, menggunakannya sebagai obat luar dapat mengatasi masalah kulit tersebut. Kelebihan lainnya, susu mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.

Cara membuatnya: tambahkan satu sendok makan minyak almond dan satu mangkuk susu, lalu usapkan pada wajah Anda dengan lap handuk atau kapas. Sisa makeup akan terangkat dari wajah Anda.

3. Timun

Pernahkah Anda melihat berbagai produk makeup remover yang berbahan mentimun? Timun memiliki manfaat sebagai antiperadangan, sehingga dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan kulit berjerawat.

Ambil satu mentimun dan aduk menjadi adonan. Usapkan pada kulit wajah. Jika makeup Anda sulit untuk dibersihkan, tambahkan sedikit susu atau minyak zaitun ke dalam campuran adonan.

4. Yogurt

Selain baik untuk kesehatan dalam tubuh, yogurt juga bermanfaat saat dipakai dari luar karena dapat membuat kulit lembap. Kandungan asam laktat dapat mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan kulit. Anda juga dapat menggunakannya sehabis berjemur di terik matahari, karena yogurt dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat berjemur.

Untuk menggunakannya, ambil kapas bersih dan celupkan ke dalam yogurt, usapkan pada wajah dengan cara melingkar, kemudian bersihkan dengan air dingin (air biasa).

5. Campuran berbagai macam minyak

Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama. Jika tidak ada minyak kelapa, Anda bisa gunakan minyak jojoba. Anda bisa sediakan witch hazel, cari yang tanpa alkohol. Witch hazel berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang dapat hidup di pori-pori kulit. Minyak jojoba berfungsi sebagai hypoallergenic dan membasmi bakteri dari wajah Anda, sedangkan minyak zaitun mengandung vitamin E dan dapat membuat kulit menjadi lembap saat iritasi dan kering.

Berikut ini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

4 sendok makan witch hazel
2 sendok makan minyak jojoba
2 sendok makan minyak zaitun
3 sendok makan air murni
Cara membuat:

Gunakan botol kaca kecil
Masukkan witch hazel, lalu minyak jojoba dan minyak zaitun ke dalam wadah
Tambahkan air ke dalam wadah
Tempatkan tutup di atas wadah dan kocok hingga semua tercampur dengan baik
Ketika akan menggunakannya, kocok wadah tersebut beberapa kali. Lalu, gunakan kapas, usapkan dengan lembut pada wajah untuk membersihkan makeup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *