Jangan Biarkan Hidupmu Hancur Karena Ketombe. Say No To Ketombe

Apa jadinya jika hidup hancur karena masalah ketombe ?? Sudah deh, hidup jadi merana, pacar pun seakan enggan untuk mendekat karena khawatir pundaknya jadi penuh bubuk putih yang jatuh dari rambutmu. Makin merana lagi, kulit kepala jadi gatal-gatal karena tak nyaman. So mulai hari ini say no to ketombe, agar rambutmu lebih sehat, hidup lebih berwarna, dan masa depan semakin gemilang.

Tak terhitung orang yang mengalami problem dengan ketombe dan mereka mencari solusi masalah tersebut dengan mengganti sampo yang dipakai meski sebetulnya ketombe itu sendiri bukan penyebab utamanya. Tapi eksistensi ketombe bisa menjadi indikasi bahwa kesehatan tubuh anda sedang bermasalah.

Menurut dr. Amaranila Lalita Drijono, Sp.KK, ketombe adalah gejala yang terjadi pada kulit kepala. Ketika kulit kepala mengalami iritasi salah satu bentuknya adalah ketombe.

“Kadang orang berketombe langsung mengobati ketombenya padahal kita belum mendiagnosis ketombenya karena apa. Ketombe itu cuma gejala, ketika kulit kepala kita menebal di beberapa bagian. Ada yang karena jamur, hormonal, atau kelebihan kelenjar minyak,” papar dr. Amaranila saat berbincang eksklusif dengan Wolipop di acara soft opening Hair Care Center kolaborasi dengan Phyto di klinik kecantikan pribadinya Rumah Puan, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2016).

Bukan itu saja, ketombe menjadi indikasi bahwa anda mengalami psoriasis (peradangan kulit kronis) hingga infeksi oleh jamur. Jika asal-muasal ketombe tidak diketahui sejak dini maka bisa membuat kondisi semakin buruk.

“Memang lebih banyak dari kita menemukan ketombe yang ringan dan sedang bukan berat seperti psoriasis bersisik merah-merah. Biasanya mereka hanya ganti sampo anti ketombe padahal kita harusnya mengobati sesuatu berdasarkan yang pasti. Diagnosisinya karena apa munculnya ketombe itu? Ketombe itu gejala. Jangan-jangan ternyata dia psoriasis atau infeksi jamur, gejalanya ketombe bisa penyakit untuk semua hal. Inilah yang sering orang lupakan,” jelas dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Adanya ketombe mengindikasikan bahwa kepala kita merasakan alergi terhadap bahan kimia baik itu yang terdapat pada sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya. Dr. Amaranila mengatakan setiap orang memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda-beda. Kondisi kulit kepala juga ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik.

Misalkan saja, anda terlahir sebagai orang dengan alergi kulit karena ada anggota keluarga lain mengalami hal serupa. Kemudian menggunakan sampo yang mengandung parfum atau wewangian berlebih. Sementara kulit kepala tidak kuat dengan wewangian tersebut lalu ‘meresponnya’ dengan muncul ketombe. Anda kemudian memilih mengganti sampo dengan jenis yang sama tapi anti ketombe. Padahal yang bermasalah di sini bukanlah ketombenya tapi wewangian dari sampo tersebut.

dr. Amalia mengatakan bahwa kita harus mencari tahu apakah tubuh kita bermasalah dalam hal kesehatan dikarenakan munculnya ketombe ini, maka anda harus bertindak sebelum hal tak diinginkan terjadi. Problem lebih lanjut bisa muncul misalnya dengan munculnya bisul dan jerawat tiba-tiba tumbuh di kepala. Ini menandakan telah terjadi iritasi berat di kulit kepala anda.

“Begitu dia ada satu keluhan ketombe walaupun ringan harusnya dia berpikir, apa yang bikin kulit kepala saya nggak tahan? Kalau kita dari dokter kulit cari dari mana sih yang buat dia nggak tahan apalagi kalau sudah gatal dan bengkak sampai bisulan itu iritasi sudah berat. Kalau iritasi biasa bentuknya paling ringan itu ketombe,” tambahnya so say no to ketombe.

Solusi dari masalah ketombe dengan cara alami 

Untuk memerangi ketombe tak harus selalu menggunakan perawatan berbiaya mahal. Santai saja, masih ada bahan alami yang ampuh untuk menyingkirkan ketombe. Kuncinya, anda hanya harus telaten, sabar, hingga semua ketombe itu tersingkirkan. Inilah beberapa bahan alami untuk mengusir ketombe.

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mudah kita beli pada minimarket terdekat. Cara pengggunaanya juga sangat mudah. oleskan minyak zaitun pada rambut, usahakan untuk mengenai kulit kepala. Karena memang dibagian inilah yang bermasalah. Jangan lupa berikan pijatan lembut agar mudah meresap. DIamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih seperti biasnya. Untuk lebih mudahnya lakukan 30 menit sebelum mandi.

2. Memakai Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki karakteristik bersifat dingin yang dapat menyegarkan kulit kepala. Haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Dengan Jeruk Nipis dan Santan

Campurkan kedua bahan ini sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Selanjutnya oleskan pada rambut dan pastikan menyentuh kulit kepala. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

4. Coba Juga Cuka

Cuka biasanya digunakan untuk makanan. Tahukah anda bahwa cuka ternayta cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Cuka merupakan zat yang bersifat abrasif, dengan penggunaan cuka kita akan mudah untuk menghilangkan kulit mati yang terkelupas. Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka putih. Jangan terlalu banyak dalam penggunaannya.

5. Memakai Baking Soda

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan baking soda yang biasanya kita gunakan untuk membuat roti. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak dan terlalu sering menggunakan baking soda. Cara penggunaanya juga sangat mudah, tinggal campurkan baking soda dengan air hangat. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala.

6. Dengan Lemon

Buah yang sudah tidak asing lagi, ciri khas buah ini memiliki warna kuning cerah. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon ini juga sangat mudah. Peras lemon kemudian gunakan untuk membasuh kepala. Pastikan perasan lemon mengenai kulit kepala.

7. Coba Juga Daun Pandan

Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Namun kali ini kita akan menggunakan daun panda untuk mengatasi ketombe secara alami. Haluskan daun panda, jika perlu kita bisa tumbuk hingga halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

8. Kangkung Juga Oke

Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk say no to ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.

9. Bawang Merah Boleh Dicoba

Dahulu orang jawa selalu memberikan bawang merah yang ditumbuk kemudian diletakkan pada kepala bayi untuk menghangatkan bayi. Ternyata hal ini bisa kita tiru untuk menghilangkan ketombe membandel secara cepat. Haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua. Kemudian oleskan pada kulit kepala. MInta bantuan teman atau keluarga mu jika kamu merasa kesulitan.

10. Daun Neem Efektif Lho

Cara penggunaanya ialah dengan merebus 2 lembar daun neem dengan satu gelas air. Gunakan air hasil perasan untuk mencuci permukaan kulit kepala kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink