JARANG DIKETAHUI.. Ternyata Lendir Bekicot Menyimpan Banyak Manfaat Buat Kecantikan & Kesehatan

Ada yang tau dengan hewan yang satu ini? Mungkin sebagian orang merasa geli dengan hewan ini atau bahkan tidak suka dengan hewan ini, karena mempunyai lendir yang lengket dan mungkin mempunyai aroma bau tak sedap. Namun tahukah kamu? Lendir siput ini ternyata banyak menyimpan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Ternyata banyak juga loh salon kecantikan yang memanfaatkan hewan siput ini.

Sebelumnya siput dengan nama ilmiah Achatina fulica ini dianggap beracun, namun sekarang justru dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Bahkan sampai digunakan untuk perawatan kulit. siput menjadi trend dalam dunia kecantikan setelah dilakukan penelitian dan ditemukan banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi kulit dan tubuh. Lalu apa saja manfaat yang didapat siput dan lendirnya? Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu senyawa yang dikandungnya.

Kandungan Senyawa dalam Lendir Siput

Lendir siput mengandung protein yang dapat membantu dalam meregenerasi sel. Juga terdapat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu dalam mendetoks tubuh dan kulit dari racun atau zat kimia. Selain itu, lendir siput juga mengandung asam hyaluronic yang membantu melembabkan dan mengenyalkan kulit wajah, juga membentuk sel baru pada kulit wajah. Senyawa tersebut dapat mengikat dan mempertahankan kadar air dalam kulit sehingga kulit terasa lembab lebih lama.

Lendir siput juga mengandung proteoglycans, glycosaminoglycans, glycoprotein enzymes, copper peptides, dan  antimicrobial peptides. Beberapa mineral juga terdapat dalam lendir siput seperti tembaga, seng dan zat besi, serta beberapa kandungan lainnya yang diperlukan untuk meregenerasi sel kulit. lendir siput mengandung enzim-enzim yang menstimulasi kolagen, fibronectin protein, dan elastin fibers sebagai senyawa yang berperan dalam mencegah penuaan.

Manfaat Lendir Siput :

1). Mencegah Penuaan Dini

Tubuh dan kulit yang sering terpapar asap dan debu akan lebih mudah mengalami penuaan, jika tidak segera dilakukan perawatan kulit wajah akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Lendir siput dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut, karena bersifat antioksidan dan mengandung asam hialuronic yang mampu meremajakan kulit.

2). Menguatkan Batang Rambut

Tidak ada yang menyangka lendir dari seekor siput dapat memberikan manfaat luar biasa, termasuk menyuburkan dan menguatkan batang rambut. Dengan meratakan lendir siput pada rambut hingga ke akarnya, kerontokan rambut bisa diatasi.

3). Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit lebih cerah dan kencang. Lendir siput mengandung enzim yang dapat merangsang pembentukan kolagen sehingga kebutuhan kulit akan kolagen dapat terpenuhi.

4). Mengurangi Kadar Minyak

Lendir siput dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah, dan menjaga kulit dari iritasi akibat paparan sinar matahari. Selain itu, lendir siput juga membantu mengecilkan pori-pori kulit dan memenuhi nutriasi yang dibutuhkan kulit.

5). Mengurangi Bekas Jerawat

Terkadang jerawat yang telah sembuh meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan, dan hal tersebut dapat merusak penampilan. Lendir siput bisa dicoba untuk menghilangkan bekas tersebut sehingga wajah lebih bersih, cerah dan mulus.

Beberapa manfaat lainnya yaitu menyembuhkan dan menyamarkan bekas luka, membuat kulit terlihat lebih bercahaya, menyamarkan noda hitam pada wajah, mengurangi kerutan dan garis halus, melindungi kulit dari sinar UV dan polutan, serta menjaga kelembaban kulit. Ternyata, meski terlihat menjijikkan lendir siput memiliki segudang manfaat dan patut untuk dicoba. Demikian artikel manfaat lendir siput atau bekicot untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

sumber : http://manfaatsehat.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *