LIDAH BUAYA Banyak Manfaatnya, Gunakan Untuk Mengatasi Problem Berikut Ini

Lidah buaya adalah istilah untuk pria hidung belang yang tega menyakiti hati kekasihnya padahal sang kekasih sudah memantapkan hati bahwa pria itu adalah calon pendamping hidupnya. Nah, lidah buaya yang kita bahas kali ini bukan soal pria hidung belang tapi tumbuhan bersulur dengan sisi-sisi bergerigi sehingga dinamakan lidah buaya. Tumbuhan ini paling mudah tumbuh di iklim tropis yang subur, paling oke ditanam di pegunungan yang memang suhu udaranya dingin dan tanahnya subur. Tumbuhan eksotis ini banyak sekali gunanya dan yang paling dikenal adalah sebagai penyubur rambut dan memang banyak sekali produk perawatan rambut modern yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan tambahannya. Lidah buaya selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut juga banyak sekali manfaat lainnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas hal itu secara panjang lebar hingga anda berminat untuk menanam tanaman penuh manfaat ini di halaman rumah. Yuk kita baca terus semua info di sini sampai selesai.

Kalau tidak berasal dari wilayah di Indonesia, tentu ada tempat asalnya di mana lidah buaya ini berada.  Menurut beberapa sumber, lidah buaya (Aloe vera L) pertama kali ditemukan pada tahun 1500 SM. Lebih dari 200 species tersebar diseluruh belahan bumi, mulai dari benua Afrika yang kering dan tandus hingga daratan Asia yang beriklim tropis. Tanaman ini memang gampang tumbuh, dengan media tanah berhumus campur pasir, cukup sinar matahari dan drainase baik, lidah buaya dapat tumbuh subur.

Tanaman dari suku Liliaceae ini memang sudah di manfaatkan manusia sejak dulu. Beberapa bukti Gambar sejarah menyebutkan, bangsa Arab, Yunani, Romawi, India dan Cina telah menggunakannya sebagai bahan baku obat aneka penyakit. Konon Cleopatra sudah memanfaatkan tanaman ini untuk merawat kecantikanya.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta. Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Sebagai salah satu bahan alami yang kaya manfaat, tentu setelah diteliti, dalam tanaman ini terdapat kandungan istimewa. Apa sajakah itu? berikut info lengkapnya untuk anda.

Lidah Buaya dan Kandungan Asli Yang Ada di Dalamnya

Lignin merupakan kandungan yang terdapat di dalam daun lidah buaya yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak menjadi kering dan terjaga elastisitasnya, juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya alergi kulit pada pemakainya. Ditambah dengan kandungan antrakuinon dan asam amino yang akan sangat berguna bagi kulit karena membantu kulit untuk segera memperbarui diri Gambaruntuk menghasilkan sel-sel baru dan dapat menghilangkan sel kulit mati.

Daging dari daun lidah buaya ini juga memiliki tingkat keasaman yang sama dengan yang dimiliki manusia dan mampu meresap dengan baik ke dalam tubuh juga memiliki kandungan saponin yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Penggunaan secara teratur dapat membuat kulit Anda sehat dan tampak cantik berseri. Anda juga dapat memanfaatkan aloe vera sebagai masker wajah, karena juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini.

Efek dingin dari jelly lidah buaya dapat menjadi pertolongan pertama saat Anda menderita luka bakar atau tersiram air panas. Dapat pula dimanfaatkan untuk kulit yang perih akibat sengatan matahari yang berlebih. Cukup tempelkan daging lidah buaya pada daerah yang terluka. Rasa dingin yang dihasilkan dari lidah buaya akan membantu proses penyembuhan.

Setelah melihat semua hal di atas, kini kita beranjak pada bahasan utama yaitu soal manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan. Berikut manfaat realnya untuk anda :

Ketika Mulai Ditemukan dan Perkembangan Digunakannya Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan dan dicatat oleh orang Mesir pada sekitar tahun 1500 SM dan digunakan sebagai tanaman herbal yang berfungsi untuk mngobati luka bakar, parasit, serta infeksi. Ada manfaat lain dari tanaman ini pada saat di jus atau disebut dengan nama “Gaharu” yang berfungsi untuk obat pencahar yang sangat baik diantaranya Aloe Vera, Vulgaris, chinesis, socotrina. Namun ada beberapa spesies dari tanaman Lidah buaya ini yang memiliki racun Aloe Venenoza yang menghasilkan jus beracun

Penelitian tentang lidah buaya telah dilakukan sejak tahun 1930. Pada penelitian ini memberitahukan bahwa gel dalam tanaman herbal lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan koreng, luka bakar, dan borok. Karena gel yang melapisi daerah tertentu , maka akan dilindungi oleh bakteri penyebab infeksi dan microbodi, sehingga mempercepat penyembuhan.

Lidah buaya dibuat Jus Herbal

Bagian dari tanaman lidah buaya ini mengandung 96% air dan 4 % adalah bahan aktif yang merupakan asam amino, mineral, minyak esensial, vitamin, enzim dan glikoprotein. Karena kaya akan bahan aktif yang sangat bagus, sehingga saat ini banyak penyembuhan modern yang menggunakan dan mencampurkan tanaman lidah buaya ke dalam produknya. Terkadang lidah buaya juga sangat enak untuk dibuat jus dengan mencampurkan tanaman herbal lainnya yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Pada jus lidah buaya ini dapat memberikan beberapa efek seperti menenangkan iritasi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh ganguan tukang lambung dan kolitis.

Kegunaan Lainnya dari Lidah Buaya

Banyaknya vitamin serta mineral dalam tanaman lidah buaya ini menjadikan tanaman ini sangat baik untuk suplemen makanan herbal. Karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan membantu dalam sirkulasi darah dan limfatik. Suplemen herbal lidah buaya juga dikatakan dapat meningkatkan fungsi ginjal, hati, dan kandung empedu. Tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk lambung, usus kecil, dan usus besar dan dapat mencegah overacidity yang merupakan penyebab umum dari gangguan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink