MANFAAT GOWES SEPEDA Untuk Kesehatan Tubuh dan Vitalitas

Bersepeda sekarang sudah menjadi wabah global di mana semua golongan mulai memiliki sepeda untuk digowes bersama. Bersepeda memang menyehatkan meskipun melelahkan. Dengan bersepeda kita telah turut serta mengurangi emisi gas kendaraan bermotor dan menertibakan jalan dengan mengulangi populasi kendaraan pribadi yang digunakan oleh masyarakat. Dengan menggunakan sepeda ke kantor, ke sekolah dan ke banyak tempat lainnya, kita telah ikut serta membudayakan hobi bersepeda. Zaman gini enggak gowes sepeda ? Kamu sudah ketinggalan zaman deh pokoknya.

Berikut adalah manfaat hobi bersepeda, mana yang anda rasakan saat ini ??

1. Membuat Kalori Terbakar Lebih Cepat

Bersepeda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam jika dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori bersepeda gunung dimedan berat selama 1 jam. Bahkan Anda sudah bisa membakar lemak sebanyak 5 kg selama setahun, hanya dengan menggunakan waktu setengah jam sehari bersepeda dengan kecepatan sedang.

2. Membuat Otot Lebih Tegas

Setiap putaran pedal mencairkan lemak dan memperkuat ketegasan otot-otot di pant*t, paha, betis, telapak  dan gelandangan kaki. Naik sepeda di atas tanah yang bergelombang atau menanjak akan melatih tubuh atas, karena lebih banyak berat tubuh Anda didukung oleh lengan dan bahu.

3. Memperbaiki Mood

Kecemasan, stres, dan depresi semua bisa diatasi dengan bersepeda, yang sebagian karena aktivitas bersepeda itu sendiri juga kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Bersepeda baik untuk kesehatan mental Anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

4. Terhindar dari Penyakit Jantung

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50 persen. Dan sementara itu bersepeda juga bisa menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengendarai sepeda secara umum menyehatkan, bahkan membuat seseorang kelihatan sekitar 10 tahun lebih muda.

5. Mengurangi Kemungkinan Cedera

Ketika Anda berada di atas sepeda, sekitar 70 persen  berat badan Anda didukung oleh sadel dan setang, yang secara signifikan mengurangi efek pada lutut dan pergelangan kaki. Dengan demikian bersepeda lebih cocok bagi orang yang memiliki persendian lemah, karena dampaknya lebih rendah daripada ketika mereka berjalan kaki. Hal ini juga lebih mengurangi resiko cedera bagi orang obesitas, daripada jika mereka melakukan olahraga lainnya.

6. Membuat Tubuh lebih Fit

Bersepeda adalah jenis olahraga  low impact. Dengan demikian bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina,  karena Anda bisa mengayuh lebih lama lagi daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki dimana yang membuat Anda lebih cepat lelah. Selain itu, bersepeda juga akan memperkuat jantung dan paru-paru, yang memungkinkan Anda bekerja lebih efisien, sehingga Anda akan merasa lebih mudah melakukannya hingga akhir.

7. Melipatgandakan Kesehatan Tubuh

Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas tingkat moderat, seperti bersepeda, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit termasuk batuk dan pilek. Lebih baik lagi, jika hari-hari ketempat kerja Anda dilalui dengan bersepeda daripada naik angkutan umum (tentunya jika kondisi memungkinkan).

8. Menyempurnakan Gaya Hidup 

Bersepeda merupakan latihan aerobik yang mudah dilakukan secara rutin dalam kehidupan Anda. Anda tidak bisa berenang untuk pergi ke sekolah atau bermain tenis sambil jalan ke bioskop. Jadi bersepeda adalah olahraga yang ideal untuk keluarga, karena bisa dilakukan oleh hampir segala usia, ukuran tubuh dan kondisi. Bahkan dengan bersepeda kita masih mendapatkan keuntungan memperoleh udara segar dan pemandangan yang bebas terlihat.

9. Melatih Koordinasi Tubuh dan Keseimbangan Tubuh 

Cukup hanya dengan duduk di sadel dan menaikkan kaki Anda dari tanah merupakan latihan keseimbangan bagi Anda. Saat berbelok akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh Anda tegak. Sementara itu, mengubah gigi,  atau menggunakan lengan atau kaki juga memerlukan koordinasi. Jangan khawatir jika merasa bergetar pada awal naik sepeda; karena hal ini akan terus meningkat dengan sering melakukan praktek belajar.

Patuhi Juga Ketentuan-ketentuan Dalam mengendarai Sepeda yaitu :

Berpakaianlah dengan benar. Pakailah helm dan pakaian berwarna terang. Pada musim hujan, gunakan jas hujan yang tidak mengganggu kenyamanan, keseimbangan, dan kendali atas sepeda

Patuhi rambu dan peraturan lalu lintas. Tak ada bedanya dengan pengguna jalan yang lain, pesepeda mesti mematuhi rambu dan perturan lalu lintas. Jika kita sendiri tidak tertib, bagaimana kita bisa menuntut pengguna jalan lain untuk berperilaku tertib?

Jangan pernah bersepeda melawan arus jalan. Pengemudi kendaraan bermotor tak akan memperhatikan sepeda yang melaju di jalur jalan yang salah. Hukum dan akal sehat mengharuskan pesepeda menggunakan jalan seperti pengemudi kendaraan lainnya.

Jangan memakai headphone (earphone) – pakailah helm, jangan menggunakan piranti headphone (dari walkman maupun handphone ). Menurut penelitian, telinga yang tertutup rapat bisa mengurangi kewaspadaan pesepeda terhadap keadaan sekelilingnya.

Siapkan kedua tangan untuk mengerem. Anda mungkin tidak bisa langsung berhenti jika mengerem hanya dengan satu tangan. Jangan bersepeda terlalu dekat di belakang kendaraan lain, selalu siapkan jarak aman pengereman. Apalagi pada musim hujan karena rem selalu menurun efisiensinya manakala basah

Perhatikan jalan di samping dan belakang Anda. Belajarlah memindai keadaan jalan di samping dan di belakang Anda tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali Anda pada sepeda.

Jangan menyalip dari kiri. Pengemudi kendaraan bermotor biasanya tidak akan menduga kalau ada sepeda yang menyalip dari kiri, sehingga mereka juga tak siap dengan situasi terburuk yang muncul dari keadaan ini

Jangan melewati garis pembatas jalan. Ketika akan menyalip, pastikan Anda tidak melewati garis pembatas jalan. Demikan halnya manakala lalu lintas dalam keadaan padat.

Gunakan lampu pada malam hari. Selain membantu Anda untuk melihat arah dan kondisi jalan, lampu membantu pengemudi kendaraan lain di depan untuk melihat keberadaan Anda. Tambahkan juga lampu di bagian belakang sepeda, atau sekurang-kurangnya reflektor

Gunakan tangan Anda untuk memberi tanda. Gunakan tangan untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain tentang arah mana Anda akan melaju. Ini memang aturan tak tertulis bagi pengguna sepeda, tetapi penting bagi keamanan Anda sendiri.

Rawat dan jagalah kondisi sepeda Anda – lakukan perawatan rutin sehingga sepeda Anda bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Gantilah rem dan ban secara berkala. Merawat sepeda itu mudah, Anda bisa belajar dan melakukannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink