OBESITAS Menyatakan Telah Terjadi Sesuatu Pada Gaya dan Pola Makanmu

Obesitas adalah gejala kesehatan yang buruk di mana seseorang berat badannya naik secara drastis tanpa ada indikasi bahwa bertambahnya berat badan itu karena sesuatu yang baik tapi merupakan indikasi hal buruk mendekat. Apa saja hal buruk tersebut? Jelasnya, hal buruk ini adalah kelompok penyakit mematikan yang berpotensi membunuh anda. Nah, haruskah anda menjual diri anda pada kematian hanya karena kebiasaan bodoh dalam beraktivitas sehari-hari ? Kebiasaan bodoh yang saya maksud di sini adalah pola makan anda yang sangat ekstrim di mana sehari-hari anda habiskan dengan makan tanpa melakukan aktivitas lainnya yang menyehatkan. Olahraga itu perlu untuk membuang racun dalam tubuh yang dikeluarkan bersama keringat. Kalau anda tidak pernah berolahraga, obesitas bisa menyambangi anda, membuat anda hidup dengan banyak penyakit mematikan dan anda bisa terkena serangan jantung. Maukah anda merasakan itu semua? Jika tidak sebaiknya anda melakkan instrospeksi diri dari sekarang sebelum semuanya berakhir menyedihkan.

Beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya obesitas :

1. Gaya Hidup

Salah satu pemicu obesitas yang paling umum yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatannya , misalnya saja saat kita makan diluar kita tidak memperhatikan kebersihannya dan kita tidak mempertimbangkan porsi atau pun kandungan yang ada di dalam makanan tersebut, contohnya juga sering mengkonsumsi mie instan, makanan junk food dan lain sebagainya . Serta pola tidur yang tidak teratur, juga merupakan pola hidup yang tidak baik.

Selain itu , seseorang yang cenderung malas melakukan gerak pada kesehariannya juga akan lebih beresiko terkena obesitas , mereka cenderung menghabiskan waktunya menonton TV atau pun bermain gadget. Pola hidup yang tidak baik tersebutlah yang menyebabkan terkena resiko penyakit obesitas.

2. Pola Makan

Makanan tidak bisa terlepas dari kehidupan kita , karena dari makanan tersebutlah kita mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi , seringkali kita tidak memperhatikan pola makan kita . Biasanya seseorang yang makan secara berlebihan , dan sering mengkonsumsi makanan junk food seperti mie instan, kue , snack , coklat dan lain sebagainya.

Makanan junk food dapat menyebabkan obesitas karena didalam makanan tersebut mengandung bahan pengawet , pemanis buatan dan kandungan yang tidak baik lainnya. Mereka sering kali tidak memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu komponen dari karbohidrat, lemak , protein , vitamin dan mineral . Masyarakat kita hanya berasumsi makan sampai perut kenyang , mereka tidak memikirkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. \]

3. Kurang Gerak

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yaitu tidak pernah melakukan gerak apapun atau tidak melakukan aktivitas yang akan menjadi Penyebab Obesitas. Jika kita bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas hal yang terjadi yaitu penumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh . Untuk mengurangi lemak tubuh dapat dilakukan dengan cara melakukan gerak atau aktivitas , maka dianjurkan untuk selalu melakukan gerak atau aktivitas minimal 2 jam selama 1 hari.

4. Karena Pengaruh Genetik

Dapat kita lihat bahwa seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas biasanya akan menurunkan ke keturunananya . Hal ini dipengaruhi karena faktor gen yang sama dengan orang tuanya. Meskipun demikian , bukan berarti bahwa seseorang yang obesitas dari faktor genetik tidak bisa kurus . Meskipun dari faktor genetik tetap dapat melakukan penurunan berat badan jika melakukan program diet yang benar.

5. Emosi Tak Terkontrol

Emosi sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita , misalkan saja kita sedang merasakan depresi , ada orang tertentu saat depresi nafsu makannya akan menjadi berlebih dan cenderung tidak dapat menghentikan nafsu makan tersebut. Biasanya mereka saat depresi melampiaskan pada makanan tersebut. Selain itu juga kondisi emosi yang menyebabkan nafsu makan berlebih yaitu stress , sedih , susah maupun senang. Hal tersebutlah yang menyebabkan berat badan semakin bertambah dan akan berujung pada obesitas.

6. Otak Mengalami Kerusakan

Kerusakan otak dapat menyebabkan obesitas karena di dalam otak terdapat saraf di bagian Hipotalamus ( HL dan HVM) yang mengontrol emosi seseorang . Dimana HL berperan dalam meningkatkan nafsu makan kita , sedangkan HVM yang menghentikan nafsu makan.

Seseorang yang mengalami kerusakan pada bagian tersebut , tidak dapat mengontrol kapan waktunya harus makan dan berhenti makan , sehingga saat seseorang sedang makan dia tidak tau kapan harus berhenti karena mereka tidak merasakan kenyang . Hal ini membuat makanan yang kita konsumsi melebihi batas porsi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan menyebabkan berat badan yang berlebih.

Selain memahami apa saja pemicu obesitas, ada juga lho bahan alami untuk mengatasi obesitas, yaitu :

Berolahraga Dengan Lebih Rutin

Cara yang paling sederhana adalah dengan berolahraga secara rutin. Luangkan waktu Anda 15 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Tidak mesti harus ke gym, Anda bisa melakukan olahraga di rumah seperti bersepeda, push up, jogging, sit up, berenang, dan lain sebagainya.

Lebih Banyak Mengkonsumi Buah dan Sayuran 

Awali dari sekarang juga dengan mengonsumsi sayur sayuran segar dan ganti camilan Anda dengan buah-buahan. Selain sayuran dan buah-buahan membuat tubuh Anda menjadi sehat, buah-buahan dan sayur-sayuran juga kaya akan kandungan serat yang mampu melapisi bagian dinding-dinding usus sehingga Anda akan mudah merasa kenyang.

Minum Air Lebih Banyak Lagi

Minum air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda, usahakan setiap hari minum 8 gelas air putih. Selain air putih berguna untuk menghindari Anda dari penuaan dini, memperbanyak minum air putih juga mampu membuang racun dan lemak jahat yang ada dalam tubuh Anda.

Mengatur Jam Makan

Ini penting untuk dilakukan agar tidak melewatkan jam makan. Masalahnya, jika Anda melewatkan jam makan dan pada saat jam makan berikutnya Anda akan makan dengan porsi yang banyak dan berlebihan karena sangat lapar. Akan lebih baik jika Anda makan lebih sering namun teratur dengan porsi yang sedikit.

Ganti Nasi Putih dengan Beras Merah

Nasi putih pada umumnya dapat membuat perut Anda akan merasa cepat lapar karena sifatnya yang mudah dicerna oleh tubuh. Sangat berbeda dengan nasi merah (Beras Merah), serat nasi merah tidak mudah dicerna sehingga jika Anda mengkonsumsinya akan merasakan kenyang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink