PENYEBAB Luka Memar, Penanganan Pertama dan Penyembuhannya

Luka fisik yang terjadi pada tubuh banyak bentuknya. Salah satu bentuk luka dengan rasa nyeri yang menyayat adalah luka memar. Luka memar bisa terjadi karena benturan, tubuh tertimpa benda berat, dan masih banyak sebab lainnya. Luka memar karena benturan mengakibatkan luka pada permukaan tulang. Luka memar memerlukan penanganan cepat karena jika sampai telat ditangani, bisa berakibat fatal. Luka memar bisa dialami oleh pria maupun wanita tetapi hingga 70% lebih banyak terjadi para pria karena aktivitas pria yang relatif banyak. Jika anda sampai mengalami memar-memar segera lakukan penanganan dini dengan cara berikut ini :

PROSEDUR PERTAMA UNTUK MENGOBATI LUKA MEMAR

Guna mengatasi luka memar, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan es ke bagian tubuh yang terkena luka memar. Pertama, bungkus beberapa es batu dengan menggunakan kain atau handuk untuk mengompres luka memar. Lakukan hal ini selama setengah jam agar bengkak dan rasa sakit dapat berkurang. Kompres dengan atau memakai es diberikan dengan tujuan untuk menyempitkan pembuluh darah yang mengalami cedera, agar luka memar tidak semakin membesar.

Anda juga bisa menggunakan kain yang sudah direndam atau dibasahi air dingin. Lakukan hal ini beberapa kali selama sekitar 10 menit. Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen. Kemudian, istirahatlah agar bagian tubuh yang mengalami cedera tidak perlu banyak bergerak.

Jika luka memar terjadi cukup besar pada bagian kaki, pada 24 jam pertama disarankan untuk tidak banyak bergerak dan menaikkan atau mengangkat bagian kaki yang mengalami memar.

Setelah prosedur pengompresan dengan kompres dingin, setelah lebih dari tiga hari umumnya luka memar dapat dikompres dengan menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan agar aliran darah meningkat, sehingga memungkinkan kulit menyerap darah lebih cepat. Pastikan setelah kompres hangat ini tidak ada rasa nyeri dan luka membaik.

1. Mengatasi Luka Memar dengan Daun Seledri

Daun seledri mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Manfaat daun seledri salah satunya adalah mengobat luka memar dengan efektif. Karena seledri mengandung zat yang mampu mengurangi rasa nyeri, mengurangi peradangan/inflamasi, dan ampuh menyembuhkan memar. Caranya, ambil segenggam seledri segar, kemudian tumbuh sampai halus/dihancurkan. Setelah sudah hancur, tempelkan pada bagian yang memar. Untuk lebih efektfi, balutlah dengan kain/perban.

2. Mengatasi Luka Memar dengan Tambahan Vitamin C

Mengapa vitamin C? Karena bisa saja memar disebabkan bukan karena benturan, namun karena anda kekurangan vitamin C. Anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C, atau makan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang besar. Misalnya tomat, pisang, atau buah bengkoang. Vitamin C dapay memperkuat dinding pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga mengurangi risiko memar pada tubuh anda.

3. Mengatasi Luka Memar dengan Kompres Air Dingin

Es batu atau es balok dapat mengurangi rasa sakit akibat memar. Juga dapat menyembuhkan luka memar dengan cepat. Es bersifat dingin, sehingga berfungsi untuk mendinginkan pembuluh darah di sekitar bagian yang memar. Sehingga darah yang keluar ke jaringan di sekitar pembuluh akan semakin sedikit. Caranya, bungkus es dengan handuk atau plastik kemudian tempelkan pada bagian yang memar selama kurang lebih 10 menit. Hal ini sering anda lihat pada pemain sepakbola yang kecapekan setelah bermain bola. Mereka menggunakan es batu untuk mengompres kaki.

5Mengatasi Luke Memar dengan Kompres Air Hangat

Selain es, anda juga bisa menggunakan air hangat untuk menyembuhkan luka memar. Caranya, isilah kantung air dengan air hangat kemudian tempelkan pada bagian yang luka memar. Air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga mencegah terjadinya pembekuan darah di area memar. Anda bisa mengompres dengan air hangat hari ini, dan besoknya dikompres dengan es.

5. Mengatasi Luka Memar Dengan Dibalut

Gunakan balut yang elastis, misalnya dengan perban elastis. Tujuannya adalah mencegah pembuluh darah bocor, sehingga luka memar yang anda derita tidak bertambah parah. Anda bisa membeli perban di apotek terdekat atau toko alat-alat kesehatan di lingkungan anda. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk mengobati luka memar? Jangan membiarkan luka memar, tetapi segeralah diobati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menyembuhkan luka memar. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink