PROBLEM KAKI Bau Tengik Menghantuimu ? Usir Segera dengan Cara Ini

Jangan cuma berpikir bahwa kaki adalah alat untuk melangkah dari satu tempat ke tempat yang lain. Kaki adalah bagian dari tubuhmu yang sebagaimana bagian tubuh lainnya harus diperhatikan kebersihannya. Jika setiap hari kamu memakai baju, boleh jadi bajumu itu sudah berbau dan kamu harus ganti lagi dengan baju baru. Begitu pula dengan kakimu, jika tidak dibersihkan sehabis pake sepatu atau sehabis bepergian jarak jauh, kaki bisa saja berbau tengik. Sangat mengerikan karena bau kaki yang parah bisa membuat bakteri betah untuk berdiam di sana. Akibatnya kamu bisa kena penyakit aneh yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan. Dengan begitu ketimbang mengobati, mari kita cegah munculnya masalah kaki berbau tengik. Anda bisa menggunakan cara-cara yang diinformasikan di sini untuk mengatasi problem kaki bau tengik.

BERIKUT BAHASAN LENGKAP SOAL PENYEBAB KAKI BERBAU TENGIK DAN HAL PENTING LAINNYA

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

“Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya,” begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.

Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya.

“Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau,” ungkap American Chemical Society.

Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu mengurangi bau kaki ini. Justru penggunaan kaos kaki bisa mengurangi ruang bagi kulit kaku untuk bernapas. Saat berkeringat, kai jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah menetap dan hidup serta berkembang di dalamnya.

Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Ada tiga jenis gas atau kotoran yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid. Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju, dan itu diproduksi dari kulit mati. Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka. Sementara propanoic acid memiliki bau kecut.

Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah. Pada dasarnya, kelenjar keringat bertugas menjaga kelembapan kulit dan mengatur suhu tubuh ketika cuaca panas maupun ketika Anda sedang berolahraga. Namun, perlu diingat bahwa kelenjar keringat yang ada di kaki lebih banyak dibandingkan di bagian tubuh lainnya. Keringat pada kaki bisa menjadi lebih banyak dari seharusnya jika Anda sedang stres, mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebih, atau sebatas karena Anda bersepatu seharian. Kaki bisa dengan mudah berbau kurang sedap jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

BERIKUT ADALAH CARA-CARA ALAMI YANG BISA DIANDALKAN JIKA INGIN MENYINGKIRKAN BAU KAKI YANG MENGGANGGU :

Menggunakan Air Garam Untuk Rendaman

Garam sanggup menyingkirkan kelembapan dari kulit sehingga bakteri yang berkembang biak juga ikut tersingkir. Rendamlah kaki Anda dalam larutan air garam sekitar 20 menit untuk membantu menghilangkan problem bau kaki.

Menggunakan Air Cuka Sebagai Rendaman

Cuka juga mampu menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, rendamlah kaki dengan larutan cuka selama kurang lebih 30 menit setiap hari untuk mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau tak sedap.

Menggunakan Formula Air Teh

Kandungan asam dalam teh dapat menyempitkan pori-pori di kaki sehingga keringat yang keluar lebih sedikit. Teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki. Dengan merendam kaki dalam air teh selama setidaknya 30 menit dapat membantu mengurangi bau kaki.

Menggunakan Formula Tepung

Cara menghilangkan bau kaki yang satu ini cenderung unik yakni dengan menaburkan tepung jagung ke dalam sepatu untuk mengurangi kelembapan di kaki.

Dengan Memberi Desinfektan ke Sepatu Anda

Dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan anti-bakteri lainnya untuk membasmi bakteri penghuni sepatu. Dengan begitu, risiko timbulnya bau kaki juga akan berkurang.

Pilih kaus kaki yang sesuai.

Kaus kaki berbahan nilon dapat dengan baik menyerap keringat di kaki dan bahan katun sanggup memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga kaki bisa “bernapas”. Jika diperlukan selalu bawa kaus kaki cadangan kalau-kalau kaus kaki yang dipakai basah kuyup oleh keringat.

Bersihkan kaki.

Ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang paling wajar. Membersihkan kaki hanya dengan air dan sabun saja belum cukup. Anda perlu menyingkirkan bakteri dan sel-sel kulit mati dengan menggosok seluruh permukaan kaki dengan handuk atau sikat halus dan sabun anti-bakteri. Jangan lupa gosok juga sela-sela jari kaki Anda.

Keringkan kaki.

Ketika mengeringkan kaki setelah mandi, keringkanlah dengan saksama. Kelembapan akibat air yang tersisa menciptakan lahan yang produktif bagi pertumbuhan bakteri. Keringkanlah sampai benar-benar kering, terutama di bagian sela-sela jari kaki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink