RAMBUT BERUBAN Bukan Pertanda Kamu Sudah Tua, Tapi Karena Melupakan Ini

Rambut beruban bukanlah pertanda kalau kamu sudah tua, sering stress, kekurangan uang dan sebagainya. Rambut beruban lebih awal bisa dialami oleh siapa saja termasuk anda. Rambut beruban terjadi karena tubuh kekurangan zat tertentu yang memicu perubahan warna pada rambut. Warna putih yang timbul bukanlah pertanda bahwa kamu mengalami penuaan dini, itu menandakan tubuhmu kekurangan sesuatu, kecuali kalau usiamu memang sudah turun gunung. Jadi beda lho antara rambut memutih karena dipicu faktor usia dengan rambut memutih karena faktor hormonal dalam tubuh.

Rambut beruban tentu bukan hal normal bagi orang berusia 20 sampai 30 tahun, sehingga wajar Anda bakal sedikit panik bila menemukan uban di beberapa bagian kepala.

Sayangnya, rambut dengan uban prematur memang terjadi—hal itu karena beberapa alasan. Pertama, hal mendasar: Rambut beruban disebabkan oleh kurangnya pigmen melanin pada folikel rambut, kata Gary Goldenberg, M.D., asisten profesor klinis dermatologi dari sekolah kedokteran di Mount Sinai.

Folikel tersebut sebenarnya masih memiliki jumlah melanosit normal (sel yang membuat pigmen), namun sel-sel ini berhenti bekerja seiring berjalannya waktu, dan rambut berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Nah, rambut beruban tidak umum terjadi di usia muda, karena rambut akan berubah warna menjadi abu-abu mengikuti aturan 50/50, kata Goldenberg. Maksutnya, 50 persen populasi akan beruban pada usia 50 tahun.

Tapi, lagi-lagi, rambut beruban juga terjadi pada orang berusia muda. Perlu diketahui bahwa genetika memiliki peran besar, kata Joshua Zeichner, M.D., seorang ahli dermatologi di New York.

“Jika ibu atau ayah Anda memiliki riwayat beruban lebih cepat, kemungkinan juga akan menurun pada Anda,” katanya.

Sayangnya, Anda tidak dapat berbuat apa-apa untuk melawan hal tersebut. Tapi jika tidak ada orang lain di keluarga Anda yang mulai beruban lebih cepat, mungkin karena beberapa faktor lain sehingga rambut Anda berubah perak lebih cepat.

Kekurangan vitamin B12 bisa mengakibatkan rambut beruban lebih cepat, kata Goldenberg. Namun para ahli tidak yakin mengapa hal ini terjadi selain fakta bahwa vitamin B penting bagi kesehatan rambut.

Merokok juga dikaitkan dengan rambut beruban lebih cepat. “Ini mungkin terkait dengan kekurangan gizi yang dikaitkan dengan merokok, atau pilihan kesehatan dan gaya hidup yang buruk lainnya,” kata Goldenberg.

Radikal bebas yang meningkat karena merokok juga merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut beruban secara prematur. Berhenti merokok seharusnya membantu.

Faktor lain yang mungkin sudah sering Anda dengar dan memang benar: dilanda stres terus-menerus bisa membuat Anda beruban lebih cepat.

Jika rambut anda beruban padahal anda masih muda, itu merupakan sebuah kerugian besar. Tapi anda tak perlu menyesalinya, kami sudah merangkum cara-cara untuk menyingkirkan rambut beruban dengan bahan alami berikut ini.

1. Dengan Teh Hitam

Cara perawatan rambut dengan bahan ini sangatlah mudah, anda hanya tinggal menyeduh teh hitam dan merendamkan rambut ke dalam cairan teh. Tunggu sampai teh keadaan dingin untuk mencelupkan dan merendamkan rambut tunggu hingga beberapa menit kemudian anda bisa membersihkannya dengan membilasnya. Perlu diingat teh harus dalam keadaan dingin untuk menjaga kesehatan rambut anda agar tidak pecah atau rusak.

2. Dengan Kacang Kenari Hitam

Cara menghitamkan rambut beruban dengan kacang kenari hitam dengan menggunakan beberapa butir kacang, kemudian haluskan tetapi jangan terlalu halus seperti bumbu dapur, agak kasar akan memudahkan anda dalam mengaplikasikanya.

Rebus menggunakan air selama kurang lebih 15 menit, angkat dan diamkan hingga air tersebut dingin. Jika belebih anda bisa menaruhnya dalam sebuah wadah, kemudian oleskan ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit,lalu bilas dengan shampoo hingga bersih dan jangan sampai ada yang tersisa. (baca juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Lidah Buaya)

3. Dengan Semir Instan

Produk ini bisa didapatkan di toko yang menjual produk khusus untuk rambut. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya di supermarket dengan berbagai warna, tidak hanya hitam dengan kelebihan bisa menutupi uban yang ada di kepala anda. Baiknya jika menggunakan produk kimia ini sebaiknya gunakan dulu di tangan untuk mencoba apakah anda alergi terhadap bahan kimia tersebut sebelum digunakan atau diaplikasikan pada rambut anda.

4. Dengan Biji Pepaya

Cara perawatan rambut dengan bahan ini tidak sulit, cukup dengan menyangrai biji pepaya, bisa juga dilakukan dengan menjemurnya dibawah terik matahari hingga kering.

Setelah itu, lalu menumbuknya sampai benar-benar lembut dan menambahkan minyak kelapa dan mencampurnya sampai rata.

Ramuan bisa kemudian dioles ke permukaan rambut secara menyeluruh dan tinggalkan sekitar 2 jam sebelum dibersihkan dengan cara dibilas. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil maksimal dan hitam berkilau tanpa ada uban.

5. Dengan Minyak Kemiri

Rempah merupakan bahan alami yang tidak hanya sebagai pelengkap rasa makanan, namun untuk kesehatan rambut serta kulit. Kemiri memang memiliki manfaat lebih besar dari sekadar penyedap masakan saja. Minyak rambut kemiri sangat berguna dalam membuat rambut menjadi hitam dan juga sehat, dengan kata lain minyak kemiri bisa mengurangi produksi uban atau rambut putih di kepala anda. Karena terdapat zat baik di dalamnya yang berkhasiat membuat pertumbuhan rambut juga menjadi lebih cepat, bahan ini bisa dimanfaatkan orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut dan cara menghitamkan rambut dengan olahan kemiri.

6. Dengan Ampas Kopi

Buah sumber kafein ini bisa digunakan untuk perawatan wajah yaitu dengan membuatnya menjadi masker kopi yang bisa membersihkan wajah. Ternyata tak hanya itu saja, kandungan kafein kopi bisa menghitamkan rambut yang ampuh dan cepat secara alami terutama anda yang ingin menghilangkan uban. Berikut ini tips menghitamkan rambut dengan kopi, yaitu:

Seduh kopi seperti cara membuat minuman kopi biasanya dan biarkan hingga dingin, jangan menggunakan gula atau kopi pahit saja. Pisahkan ampas dengan air kopi dengan menyaringnya menggunakan kain atau saringan lembut. Cuci rambut dengan menggunakan air kopi tersebut beberapa kali, lalu diamkan beberapa menit jika bisa tutup kepala menggunakan caphead plastik

7. Dengan Urang-Aring

Cara menggunakannya yakni, mencuci bersih beberapa helai daun urang aring. Setelah itu tumbuk hingga mengeluarkan sarinya yang berwarna hitam, Peras tumbukan tersebut hingga semua sarinya terambil. Gunakan sari atau minyak urang aring pada rambut, dengan cara menggunakan sikat semir rambut hingga merata. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan urang-aring untuk rambut uban anda menjadi hitam:

Diamkan selama 1 jam dan setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan satu minggu satu kali selama beberapa bulan. Dengan begitu anda bisa melihat perbedaan uban yang mulai menghilang dan rambut lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink