UPS BIBIRMU Pecah-Pecah Yah ? Siapa Tahu Ini Memang Sudah Kamu Lupakan

Problem bibir pecah-pecah bukan cuma dominasi kaum wanita saja lho, pria pun sama. Bibir pecah-pecah merupakan indikasi bahwa kulit di bibir mengalami kekeringan. Masalah ini semakin nyata ketika musim kemarau datang. Lebih parah lagi, pekerjaan mengharuskanmu untuk berada di luar ruangan dalam waktu yang panjang. Alhasil kulit terasa kering, hilang kelembabannya, terutama kulit di bibir yang terlihat meranggas kekeringan dengan cracks atau pecahan di sana-sini dan sangat mudah dilihat. But stay cool guys, separah apapun masalah bibir pecah-pecahmu, saya akan mencoba membantu anda mengatasi masalah tersebut. Hasilnya bisa dijamin membuat bibir tetap lembab, mulus dan halus.

Sebelumnya yuk kita bicarakan dulu faktor apa saja selain paparan sinar matahari yang membuat bibirmu kering dan pecah-pecah. Simak baik-baik, jangan lupa share juga artikel ini kemudian terapkan. 

Beberapa kebiasaan harian yang membuat bibirmu terekspose pada kekeringan 

1. Dehidrasi

Dehidrasi mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuh, namun juga berdampak negatif pada kulit Anda.

Dehidrasi menimbulkan gejala seperti pusing, sembelit, penurunan produksi urin, mulut dan bibir kering, dan sakit kepala. Pada kasus dehidrasi yang parah, dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah rendah, demam, napas ngos-ngosan, atau jantung berdebar.

Untuk menghindari dehidrasi, selalu ingat untuk minum 8-12 gelas air setiap hari. Jika Anda seorang atlet atau penderita diabetes, minum lebih banyak cairan.

2. Sering Menjilat bibir

Satu kebiasaan yang cenderung Anda lakukan, terus menerus dan tanpa sadar, saat bibir terasa kering adalah menjilati bibir. Walaupun menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir Anda akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembapan alaminya.

Air liur mengandung enzim yang berfunsi untuk membantu Anda mencerna makanan, bukan sebagai penyedia kelembapan tambahan bagi bibir Anda. Air liur akan dengan cepat mengupat setelah terkena kontak dengan udara luar, membuat bibir kembali kering dan mengelupas. Hal inilah yang menyebabkan menjilat bibir menjadi suatu kebiasaan yang berulang.

Solusinya, sebisa mungkin hentikan kebiasaan menjilat bibir saat Anda merasa bibir mulai mengering. Anda bisa aplikasikan lipbalm dengan rasa yang aneh atau mengandung obat-obatan untuk membantu Anda mulai mengurangi kebiasaan buruk ini. Alternatifnya, Anda bisa oleskan gel lidah buaya pada bibir Anda. Lidah buaya mengandung properti penyembuh yang akan memperbaiki struktur kulit bibir yang kering, rasa pahitnya akan menjauhkan Anda dari kebiasaan menjilati bibir.

3. Sering Menggigit bibir

Kebiasaan menggigit bibir bisa disebabkan oleh rasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, atau justru hanya untuk melawan rasa bosan.

Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga bisa mengancam kesehatan bibir Anda. Saat Anda menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir; membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah.

4. Minum terlalu banyak alkohol

Malnutrisi akibat alkohol adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsi alkohol berlebihan akan mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh, mengakibatkan Anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Defisiensi vitamin B2 dan B6 bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk menyiasatinya, minum satu-dua gelas air saat bangun pagi setelah Anda minum alkohol di malam harinya, dan selalu cukupi asupan cairan Anda sepanjang hari.

5. Mengkonsumsi Makanan pedas dan Asin Berlebih

Jika anda termasuk orang yang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan asin. Garam yang terkandung dalam makanan asin kesukaan Anda bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas.

Solusinya, perbanyak buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

6. Sering Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari adalah penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, bahkan ketika cuaca berawan dan mendung.

Oleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF15 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pilih lipbalm yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone (butylmethoxydibenzoylmethane) sebagai properti pelindung UVA.

Kandungan lipbalm itu sendiri membantu melembapkan bibir, sementara properti pelindung sinar matahari yang terdapat di dalamnya akan meminimalisir efek pengeringan bibir.

Jangan sedih, solusi untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sangat mudah dan semua menggunakan bahan alami. Tapi bukan itu saja, anda juga harus menghentikan kebiasaan jelek yang memicu rusaknya kelembaban kulit bibir.

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Secara Seksama

Salah satu pemicu lain yang dapat menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah adalah kurangnya nutrisi vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial yang kurang. Untuk itu, mencukupkan kebutuhan nutrisi adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Memenuhi kebutuhan nutrisi ini bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berikut atau dengan mengkonsumsi suplemen mutivitamin/mineral. Namun ingat, sebelum melakukannya ada baiknya, jika terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

2. Hentikan Kebiasaan menjilati Bibir

Kebanyakan orang melakukan cara yang keliru dengan membasahi bibir mereka dengan air liur saat bibirnya terasa kering, hal ini mungkin sebagai naluri. Namun tahukah anda, air liur atau saliva akan menguap dengan cepat yang justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada kondisi sebelumnya dan malah akan dapat memperparah bibir yang menjadi pecah-pecah.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kondisi dehidrasi atau kurang cairan adalah salah satu penyebab timbulnya bibir kering, oleh karenanya, pastikan jika tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dengan memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, maka teraturlah minum air. Terlebih lagi jika anda sering berkeringat atau ketika cuaca panas.

4. Menggigiti Bibir Termasuk Kebiasaan Buruk, Mulai Hentikan

Selain menjadi kebiasan buruk, menggiti bibir nyatanya memberikan dampak negatif pada bibir diantaranya dapat menyebabkan trauma pada bibir dan merusak lapisan pelindung bibir, akibatnya mampu membuat bibir menjadi pecah-pecah dan terluka.

5. Bernafaslah Lewat Hidung

Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, dan parahnya lagi kondisi ini mampu membuat bibir menjadi pecah-pecah yang menimbulkan celah merah. Untuk itu, sebisa mungkin bernafaslah melalui hidung.

6. Penuhi Diet Sayuran dan Buah-Buahan

Buah dan vitamin mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membuat bibir menjadi sehat dari dalam. Untuk itu, sebisa mungkin konsumsilah sayur dan buah dengan menyertakan menu ini pada makanan konsumsi sehari-hari.

7. Hati-Hati Memilih Lipstik

Penggunaan kosmetik bibir seperti lipstik sebaiknya anda awasi. Beberapa wanita memiliki bibir yang lebih sensitif. Terkadang pemilihan lipstik yang tidak cocok akan berakibat pada terjadinya keluhan dibibir, salah satunya adalah bibir kering dan mudah pecah-pecah. Untuk itu, sebaiknya pastikan jika anda memakai lipstik atau produk kosmetik yang telah memiliki izin terdaftar. Jika bibir terasa panas dan perih saat menggunakan lipstik sebaiknya hapus dan hentikan penggunaan.

8. Gunakan Lip Balm

Salah satu alternatif cara melindungi bibir dari cuaca yang panas, adalah dengan mengoleskan lip balm. Selain dapat mencegah, penggunaan lip balm juga mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink